Jakarta – Bupati Trenggalek optimistis pemerintah pusat akan segera mewujudkan pelayaran perintis di selatan pulau Jawa untuk mempercepat laju pertumbunhan perekonomian di selatan.

“Beberapa hari yang lalu Kementerian Perhubungan menggelar Rakornas Pelayaran Perintis 2017. Kebetulan saya selaku Wakil Ketua Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) turut menjadi dari bagian para penggagas untuk memaparkan konsep pelayaran itu,” kata Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, Kamis (5/10/2017).

Menurutnya, sesuai informasi yang didapatkan dari pemerintah pusat, pelayaran perintis di selatan Jawa akan dimulai tahun 2018 mendatang, dengan menempuh rute Cilacap-Banyuwangi hingga Benoa, Provinsi Bali. Pembukaan pelayaran perintis tersebut menjadi sejarah baru dunia pelayaran di Indonesia, karena selama ini kawasan pesisir selatan Jawa lebih dikenal sebagai kawasan yang tertinggal.

“Pelayaran perintis selatan Jawa adalah tindakan afirmatif membangun sinergi ekonomi antara daerah-daerah selatan Jawa dan juga Bali bahkan NTB dalam memecah kebuntuan lambannya perkembangan kawasan selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Emil menjelaskan, saat ini sejumlah daerah di kawasan selatan juga telah disiapkan utuk menjadi lokasi pembangunan pelabuhan barang untuk melengkapi interkoneksi pelayaran terebut.

“Trenggalek sendiri sejak tahun 2016 lalu sudah masuk dalam rencana induk pelabuhan nasional dan rencananya akan dimulai pembangunanya pada tahun 2018 mendatang,” imbuh suami Arumi Bachsin ini.

Bupati Emil menambahkan, rencana pembukaan pelayaran perintis tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, salah satunya dari Asisten Deputi Kementerian Koordinator Maritim maupun dari Bappenas.

“Kepala Otoritas Pelabuhan Cilacap, Wigyo, juga turut memaparkan rencana Cilacap sebagai pelabuhan pangkalan untuk pelayaran perintis selatan Jawa. Artinya pelayaran ini menjadi penting karena akan membawa dampak besar di kawasan selatan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sebelumnya Apkasi juga telah menggelar rakernas termasuk dengan kepala daerah di Yogyakarta. Dalam kesempatan itu, pimpinan daerah memberikan sambutan positif atas konsep pelayaran perintis maupun pembukaan koridor perekonomian baru di kawasan selatan Jawa “Yogyakarta-Prigi-Blitar-Malang’.

“Koridor ekonomi pesisir selatan ini mendapat sambutan baik dari beliau Wagub Sri Paku Alam dan rekan-rekan kepala daerah di DIY,” katanya.

Pada Rakernas Apkasi lalu, para kepala daerah dari Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Kulonprogo, Pacitan, Trenggalek dan Banyuwangi serta perwakilan dari Kemenko Maritim, Kemenhub dan Bappenas sepakat merumuskan dan meluncurkan prakarsa pelayaran perintis selatan Jawa.

“Semoga Pesisir selatan berkembang pesat, termasuk bisa membawa dampak positif bagi Kabupaten Trennggalek,” imbuhnya.

Sumber

Bupati Trenggalek: Pelayaran Perintis Selatan Jawa Segera Terwujud