Rencana pembangunan daerah tahun 2018 sudah mulai disusun pada kuartal keempat tahun anggaran 2017 ini. Rencana pembangunan yang tersusun dalam APBD ini, dianggap perlunya adanya pencermatan serius oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, sebelum nantinya difinalisasi, sehingga APBD ini bisa mewujudkan pembangunan berkesinambungan, sesuai dengan target RPJMD maupun harapan masyarakat Trenggalek.

Senin (9/10) suami Arumi Bachcin ini meminta seluruh kepala OPD untuk lakukan pemaparan rencana kegiatan dan kerangka anggaran yang mereka rencanakan dalam APBD tahun 2018 yang tengah disusun. Satu persatu kepala OPD melakukan presentasi dihadapan Bupati Emil Dardak dan Wakilnya H. Moch. Nur Arifin di ruang Paringgitan Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Menurut Waketum APKASI, “ini merupakan bagian dari proses rutin kita untuk memastikan bahwa apapun yang ingin kita finalkan dalam APBD 2018 benar-benar mencerminkan juga hasil telaahan kinerja kita tahun-tahun ini,” ungkapnya.

“Kita harus bisa membangun berkesinambungan, kita harus melihat isu – isu strategis, pekembangan selanjutnya serta memahami, jadi APBD itu jangan dilihat dalam bentuk tabel saja, melainkan harus dilihat benar-benar subtansi programnya serta sinergitas antar OPD,” imbuh Emil Dardak.

“Sebagai contoh tadi Dinas Koperasi melakukan pembinaan koperasi, Pertanian melakukan pembinaan koperasi pula. Nah bagi tugasnya gimana? Dinas Koperasi ini fokus terhadap tata kelola supaya koperasi ini dikelola dengan amanah atau tata kelola yang baik, baik laporan keuangannya, pengurusnya dan yang lainnya. Tidak ada koperasi kemudian menyalahgunakan keuangan,” jelas Emil

“Sedangkan untuk Dinas Pertanian mengenai strategi bisnisnya, bagaimana menciptakan peluang usaha bagi koperasi-koperasi. Sepertihalnya koperasi tani, yang kita arahkan untuk bisa mulai mengolah gabah kering, diolah lagi sampai dengan menjadi beras. Nah ini sinergi inilah yang ingin kita bangun,” tegas Doktor termuda se Asia Pasifik ini. (Humas)

Penyusunan APBD Harus Mencerminkan Pembangunan Berkesinambungan