Dalam Gebyar UKM Indonesia tahun 2017 di Kabupaten Malang, Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elstianto Dardak, M.Sc, berkomitment serius Pemerintah Daerah harus hadir untuk masyarakatnya, Salah satu bentuk kehadiran ini dengan membina perekonomian rakyat disamping tiga tugas pemerintah lainnya.
Dengan melakukan pembinaan pastinya perekonomian rakyat dapat tumbuh berkembang ditengah – tengah ketatnya persaingan ekonomi global saat ini.
Menurut Emil Dardak “kita kan selalu ngomong empat fungsi dasar pemerintah, yaitu membangun fisik, melayani masyarakat, membina ekonomi masyarakat dan yang ke empat tata kelola pemerintahan. Yang ketiga ini membina ekonomi rakyat ini menjadi sangat penting apalagi untuk tingkat Kabupaten. Sehingga Pemerintah harus benar-benar menguras energinya kesektor ini,” tuturnya.
“Dengan ini makanya kita mencoba, dengan sistem kebersamaan atau kegotong royongan. Kalau sapu lidi satu satu akan mudah dipatahkan, namun bila jadi satu mungkin akan menjadi kokoh,” imbuhnya.
“Kali ini kita mencoba menjalin sinergi antar pelaku usaha ini, jangan berdiri sendiri-sendiri, bahasa jawanya ojo mlaku dewe-dewe. Ini semua sama-sama kita fasilitasi dari pemerintah.”
“Beberapa cara menginterfensi masyarakat, yang pertama adalah plasma inti. Seperti peternak susu tidak bisa menembus pasar karena belum bisa mendapat ijin BPOM atau petani janggelan tidak bisa menembus pasar cincau karena belum dapat ijin, maka kita buatkan ijin rumah produksi susu atau rumah produksi janggelan yang dibangunkan dibantu pemerintah dan kemudian mereka bisa memanfaatkan itu. Tidak perlu ijin sendiri-sendiri kalau bersama ini masih bisa masuk.” .
“Kemudian pemenuhan dimana suplai ini bukan pengusaha lain, melainkan milik negara, milik rakyat. Nah inilah yang kita coba dorong sehingga bukan main untung rugi, namun benar-benar berbagi rejeki,” jelasnya.
“Sedangkan yang kedua getok tular. Jadi kita percaya dibeberapa tokoh masyarakat ada beberapa yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi kelompok lain, contoh ketua kelompok usaha, ketua kelompok tani. Kalau yang diajak itu tertarik pasti cepat dapat segera diterima kebawah atau anggota-anggotanya. Hal inilah yang kita sebut dengan getok tular.”
“Dan yang ketiga adalah pilot project. Pailot project ini membuat satu percontohan yang bisa mungkin ditiru, sebagai contoh dengan integrated farming, bagaimana pertanian, peternakan, perikanan tawar itu bisa dilakukan secara terpadu, sehingga ada efisisensi dalam pengelolaan energi, limbah dan sebagainya. Sehingga apa yang peka terhadap harga ini bisa semakin efisien.”
“Nah inilah yang kita sebut sebagai konsep tadi, yang pertama ada inti plasma, yang kedua ada getok tular dan yang ketiga adalah pilot project. Nah inilah tiga konsep pembinaan ekonomi rakyat yang relevan juga dalam pembinaan UKM,” tandasnya.
Bupati Trenggalek, Pemerintah Wajib Membina Perekonomian Rakyat
JDIH